perangkat KBM

Minggu, 22 April 2018

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : V / 1
Tema                 :    Makanan Sehat
Sub Tema         :  Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?(1)
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit


KOMPETENSI INTI
1.Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.Memiliki perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam      berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3.Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komuniatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
 IPA
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara     kesehatan organ pencernaan manusia
3.3.1.Mendefinisikan organ pencernaan manusia dan fungsinya .

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
3.4.1.Menjelaskan kesimpulan isi iklan media cetak.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Dengan melengkapi bagan, siswa mampu menjelaskan konsep dan fungsi organ pencernaan manusia dengan tepat.
2.Dengan mengamati gambar iklan media cetak dan elektronik, siswa mampu menjelaskan kesimpulan isi iklan dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan :  
Religius
Nasionalisme
Kerja sama
Rasa ingin tahu

MATERI PEMBELAJARAN
IPA
Organ-organ pencernaan pada manusia
Bahasa Indonesia
Gambar iklan media cetak dan kesimpulan isi iklan media cetak.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan
Memberikan salam dan mengajak semua peserta didik berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.(Religius)
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.(Nasionalis)
Mengaitkan pelajaran sebelumnya dengan pelajaran yang akan dipelajari.
Melakukan apersepsi dengan bertanya : “Siapa yang sebelum berangkat sarapan dulu?”
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Makanan Sehat” subtema ”Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?”serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
Siswa di kondisikan dalam posisi berkelompok @ 3 orang 5 menit
Inti
Membuka pelajaran dengan meminta siswa untuk membaca teks bacaan.(Literasi)
Siswa menunjukkan bagian bagian dari sistem pencernaan untuk  mengingat kembali apa yang sudah dipelajari tentang sistem pencernaan manusia.
Siswa menyimak video tentang sistem pencernaan manusia.
Melakukan tanya jawab tentang isi video tersebut
Siswa menyimak penjelasan guru tentang fungsi organ pencernaan manusia.
Setiap kelompok diberikan LKPD 20 menit
Siswa mengamati gambar dan video  iklan media cetak, dan mengidentifikasikan isi iklan dan mengemukakannya.
Siswa menuliskan saran untuk membuat iklan menjadi lebih menarik.
Guru dapat menambahkan penjelasan tentang unsur-unsur iklan yang efektif.
Melakukan penilaian hasil belajar

Penutup
Bersama-sama peserta didik melakukan refleksi dan kesimpulan/rangkuman hasil belajar.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan tindak lanjut berupa remidial dan pengayaan
Mengajak semua peserta didik berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) 10 menit


A. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Simulasi, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan dan ceramah

B. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber :
Buku Guru Tema : Makanan Sehat Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Buku Siswa Tema : Makanan Sehat Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Gambar iklan, gambar atau model organ pencernaan manusia, teks bacaan tentang organ pencernaan manusia.
LKPD
Media:
gambar iklan media cetak. Video iklan dan Video Sistem Pencernaan Manusia
Bagan Sistem Pencernaan Manusia pada kertas karton

PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Penilaian: Observasi (Instrumen terlampir)
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian) ( Soal dan Instrumen terlampir)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Observasi (Instrumen terlampir)
Kegiatan Pengayaan
Kegiatan Remedial

Lampiran  1
Materi ajar
Berikut macam-macam organ pencernaan dan fungsinya :
1. Mulut
Mulut adalah organ pencernaan yang pertama bertugas dalam proses pencernaan makanan. Fungsi utama mulut adalah untuk menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup lebih kecil untuk dapat ditelan ke dalam perut. Proses pencernaan dimulai sejak makanan masuk ke dalam mulut. Di dalam mulut terdapat alat-alat yang membantu dalam proses pencernaan. Bagian alat-alat pencernaan di mulut adalah gigi, lidah, dan kelenjar ludah (air liur). Di dalam rongga mulut terjadi proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi. Berikut organ-organ mulut dan fungsinya, yaitu sebagai berikut.

a. Lidah
Lidah pada sistem pencernaan berfungsi untuk membantu mengunyah dan menelan makanan menuju ke kerongkongan, mengatur posisi makanan agar dapat dikunyah oleh gigi dan membantu dalam menelan makanan. Lidah tersusun atas otot lurik yang permukaannya dilapisi epitelum dengan banyak mengandung kelenjar lendir (makosa).
b. Gigi
Gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan, maka gigi dan lidah berfungsi sebagai pencernaan mekanik dalam mulut. Tulang gigi terbuat dari dentin yang tersusun dari kalsium karbonat. Gigi membantu enzimenzim pencernaan makanan agar dapat dicerna dengan efisien dan cepat.
c. Kelenjar Ludah
Kelenjar ludah menghasilkan ludah atau air liur (saliva), Ludah berfungsi untuk memudahkan penelanan makanan.
2.    Kerongkongan (Esofagus)
Fungsi kerongkongan adalah sebagai saluran untuk memindahkan makanan dari mulut ke lambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikit ke dalam lambung. Makanan ada di dalam kerongkongan yang hanya sekitar enam detik. Bagian pangkal pada kerongkongan yang disebut dengan faring berotot lurik. Otot lurik pada kerongkongan yang bekerja secara sadar menurut kehendak kita dalam proses menelan.
3. Lambung
Fungsi lambung adalah sebagai penghasil pepsinogen. Pepsinogen adalah bentuk yang belum aktif dari pepsin. Enzim pepsin ini berfungsi dalam mengubah molekul protein menjadi potongan-potongan protein (pepton). Dinding pada lambung menghasilkan asam klorida (HCl) yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme dalam makanan, menciptakan suasana asam dalam lambung, dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Permukaan pada lambung mengeluarkan lendir yang memiliki fungsi untuk melindungi dinding lambung dari pepsin. Pada bayi, lambungnya menghasilkan dua enzim, yaitu renin, yang memiliki fungsi untuk menggumpalkan protein susu dan kasein atas bantuan kalsium dan lipase guna dalam memecah lemak dalam susu.
4.   Usus Halus
Usus halus terbagi atas 3 bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Pada usus dua belas jari bermuara saluran getah pankreas dan saluran empedu.
5.   Usus Besar (Intestinum Crasum)
Fungsi usus besar adalah untuk mengabsorpsi air dan mineral, tempat pembentukan vitamin K (dengan batuan bakteri Escherichia coli), serta melakukan gerak peristaltik untuk mendorong tinja menuju anus. Bakteri Escherichia coli yang terdapat dalam usus besar juga berperan dalam proses pembusukan sisa makanan menjadi kotoran.

Unsur-unsur iklan yang efektif mengandung hal-hal berikut ini:
1. Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
2. Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
3. Desire (keinginan). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
4. Conviction (rasa percaya). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
5. Action (tindakan). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

LAMPIRAN 2
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Kelas/Semester : V/1
Tema : 3. Makanan Sehat
Sub Tema : 1. Bagaimana mengolah makanan sehat?
Pembelajaran : 5

Petunjuk kegiatan!
1. Diskusikan dengan teman kelompokmu, fungsi dari organ-organ pencernaan pada manusia!
2. Buatlah bagan fungsi organ pencernaan manusia pada kertas karton yang telah disediakan.
Fungsi Mulut

__________________________________________

__________________________________________


Fungsi Kerongkongan

__________________________________________

__________________________________________


Fungsi Lambung

__________________________________________

__________________________________________




Fungsi Usus Halus

__________________________________________

__________________________________________



Fungsi Usus Besar

__________________________________________

__________________________________________

LAMPIRAN 3

MEDIA PEMBELAJARAN
1.  Gambar iklan dan video
2. Tayangan video Sistem Pencernaan Manusia
3. Gambar atau model organ pencernaan manusia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar